Tips Sukses Jual Beli Motor Bekas Jogja

Tips Sukses Jual Beli Motor Bekas Jogja

Menekuni bisnis jual beli motor bekas Jogja bisa dibilang tidak mudah. Namun, bukan berarti bidang usaha ini harus dihindari, bukan? Pasalnya peminat motor second di kota ini tidaklah sedikit. Artinya ada peluang bagus dari bisnis ini. Lalu, bagaimana caranya? Apakah beli dulu baru dijual atau cari motor untuk ditawarkan ke orang lain ataukah seperti apa?

Sebetulnya ada banyak cara untuk memulai bisnis jual beli kendaraan bermotor ini. Akan tetapi, kalau tidak diimbangi dengan teknik tertentu jelas tidak cukup maju. Karena itu, Anda perlu tips sukses dalam menjalani usaha jual beli motor bekas ini.

Tips Sukses Jual Beli Motor Bekas Jogja

Bagi Anda yang tertarik untuk mendalami bisnis satu ini, berikut adalah beberapa tips sukses jual beli motor bekas:

  • Pilih motor yang punya kelengkapan surat agar lebih diminati oleh konsumen. Jangan pernah sekali-kali terima kendaraan tanpa surat karena bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jangan lupa untuk test drive terlebih dulu untuk mengetahui kondisi motor yang akan dijual. Sehingga Anda bisa menawarkan barang sesuai kondisi yang ada. No tipu-tipu.
  • Tawarkan dengan harga yang bisa dinego, jadi sewaktu ada tawar menawar harganya tidak jauh dari perkiraan. Tentukan harga minimal untuk motor bisa dilepas. Jika sudah lama dan tak kunjung laku, Anda bisa melepas kendaraan dengan patokan harga tersebut.
  • Promosikan lewat media internet, seperti di media sosial, aplikasi jual beli motor dan lainnya. Jangan lupa cantumkan nomor ponsel yang bisa dihubungi.
  • Jadilah penjual yang jujur, terutama dalam menjelaskan produk yang dijual. Agar tidak mengecewakan pembeli. Sebab jika ada yang merasa dikecewakan bisa berdampak buruk untuk kelanjutan bisnis Anda nantinya.
  • Jalin kerja sama yang baik antara pembeli maupun pemilik sepeda motor.
  • Join dengan pebisnis yang punya keterkaitan, seperti showroom mobil misalnya, bengkel atau toko sparepart kendaraan jika nanti diperlukan untuk memperbaiki motor sebelum dijual.

Itulah beberapa tips sukses dalam usaha jual beli motor bekas yang bisa Anda coba. Dimana setiap bisnis memang harus punya taktik agar siap bersaing dengan kompetitor lainnya.

Baca Juga: Cara Sukses Bisnis Jual Beli Motor Bekas Bandung

Sebab pastinya pebisnis yang serupa dengan usaha Anda tidak hanya Anda seorang, bukan? Masing-masing pebisnis tentu punya strategi tersendiri untuk menuai keberhasilan.

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Dalam Bisnis Jual Beli Motor

Sebagai pemula yang akan menjalankan usaha baru khususnya jual beli motor second di kota Jogjakarta, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti:

  1. Nomor telepon khusus yang dapat dihubungi sewaktu-waktu baik itu lewat Whatsapp, SMS maupun telepon.
  2. Kuitansi sebagai bukti transaksi pembayaran.
  3. Nomor rekening, jika pembayaran lewat transfer.

Segala bentuk persiapan yang nantinya diperlukan dalam bisnis sudah seharusnya disediakan. Jangan sampai hal-hal kecil tersebut justru menghambat jalannya usaha Anda nantinya. Selain itu, persiapan ini pun menjadi salah satu pendorong kelancaran usaha tersebut.

Berkecimpung dalam bisnis jual beli kendaraan bekas yang sebelumnya pernah dipakai orang jelas tidak mudah. Tak jarang yang menawar dengan harga tidak wajar. Tapi, jangan ambil pusing kalau memang tidak cocok sebaiknya tidak perlu khawatir.

Karena Anda masih bisa menawarkan lagi ke beberapa orang lainnya. Tawar menawar memang sudah hal yang biasa dalam bisnis jual beli motor bekas Jogja. Anda pun bisa negosiasi juga untuk mendapatkan harga terbaik kepada pemilik motor sebab Anda akan menjualkan kendaraan tersebut, jika memang motor itu akan dijadikan stok terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *