Tips Agar Motor Siap Menghadapi Musim Hujan

Tips Agar Motor Siap Menghadapi Musim Hujan

Musim hujan kini sudah tiba, oleh karena itu untuk setiap pengendara motor diwajibkan untuk siap menghadapi musim hujan ini, karena seringnya cuaca yang berubah secara cepat mengharuskan setiap pengendara motor untuk siap saat sewaktu waktu kejebak hujan dalam perjalanan. Selain pengendara, motor yang kalian gunakan untuk berkendara sehari – hari pun harus ikut siap untuk menghadapi musim hujan ini. Seharusnya sebelum masuk ke musim penghujan kalian perlu memahami terlebih dahulu bermacam – macam komponen kendaraan roda duanya, biar pada saat hujan kendaraan kalian selalu dalam keadaan yang prima. Apabila Kamu mengabaikan aspek tersebut, ditakutkan pada saat kalian melakukan perjalan saat hujan kendaraan yang kalian gunakan malah mengalami kerusakan dan mogok sehingga perjalanan kalian dapat tersendat karena kendaraan motor kalian rusak. Pastinya kalian akan jadi kerepotan bukan, dalam hal ini terlebih motor tersebut mogok dalam kondisi hujan, serta terlebih bila mogok terjalin di tempat yang sepi serta jauh dari keramaian.

Tips Biar Motor Siap Hadapi Musim Hujan

Berikut dibawah ini merupakan komponen- komponen motor yang wajib kamu cek kondisinya biar kendaraan kamu senantiasa prima dikala musim hujan.

  1. Cop busi

    Buat hal ini yang menjadi salah satu bagian motor ataupun pada komponen yang kerap menjadikan motor mogok merupakan busi yang basah. Dikala masa hujan, mungkin ini dapat meningkat. Lebih – lebih, apabila cop ataupun penutup busi tersebut telah tidak rapat. Oleh karena itu, hingga ditentukan komponen berarti ini masih dalam keadaan yang lumayan baik, supaya cipratan air ataupun air hujan tidak masuk menimpa busi.

  2. Rem

    Pada saat musim panas, pada bagian rem cakram serta teromol umumnya ada semacam sisa- sisa kotoran, semacam debu ataupun pasir. Bila tidak dibersihkan hingga kerja rem tidak akan jadi optimal. Sebab itu rem cakram harus senantiasa dalam kondisi bersih. Jangan sampai lupa pula buat mengecek keadaan kampas rem. Bila telah tipis, segeralah ganti dengan yang baru supaya kinerjanya senantiasa prima.

  3. Ban

    Yang selanjutnya pada komponen motor yang lain yang sangat butuh dicermati yakni ban. Komponen ban wajib dalam keadaan masih layak gunakan, sebab kompon ban yang telah gundul hendak bisa beresiko bila dalam keadaan jalur becek serta basah. Yang dalam perihal ini merambah masa penghujan, buat itu sangat disarankan sekali memakai jenis ban yang cocok, ialah ban jenis unidirectional. Karakteristik spesial ban unidirectional merupakan mempunyai telapak yang berupa semacam anak panah ataupun V. Sebab kembangan tipe ini lebih efisien buat memecah air.

  4. Lampu utama

    Dalam keadaan musim hujan, buat jarak pandang nyatanya lebih terbatas. Oleh karena itu, lampu utama jadi komponen yang wajib dicermati dalam menyongsong masa hujan. Yakinkan sinar lampu utama masih dalam keadaan yang baik serta cerah. Apabila dibutuhkan, kamu bisa meningkatkan dengan lampu kabut (foglamp) buat bisa menolong penglihatan pada saat berkendara diwaktu hujan turun.

Tidak hanya keempat komponen tersebut, badan kamu pula wajib senantiasa dicermati apabila mau menerabas hujan. Tidak hanya wajib memakai jas hujan, pakai pula helm dengan kaca anti embun, serta senantiasa berjaga- jaga sepanjang berkendara. Demikianlah sedikit ulasan tentang Tips Agar Motor Siap Menghadapi Musim Hujan mudah – mudahan dengan terdapatnya pembahasan tersebut bisa bermanfaat serta berguna untuk kalian semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *