Manfaat dan Cara Bayar Pajak Motor Online

Manfaat dan Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara bayar pajak motor online – Pembatasan kegiatan di luar rumah saat era pandemi, memungkinkan banyak aktifitas dilakukan melalui daring atau online. Salah satunya, pembayaran pajak dengan metode online.

Pemerintah terkait, kini memberi fasilitas yang memudahkan masyarakat dalam menjalankan kewajiban pembayarannya. Melalui Samsat Online Nasional, pajak bisa dibayar melalui transfer dan pencatatan online.

Manfaat Cara Bayar Pajak Motor Online

Samsat Online Nasional, adalah sebuah fasilitas jaringan elektronik. Di mana dibuat oleh pemerintah. Atas dasar Peraturan UU Indonesia.

Fungsinya, memberi layanan sekaligus pengesahan tahunan online yang mencakup Pajak Kendaraan Bermotor, PNBP pengesahan STNK, serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) berbasis aplikasi mobile.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM Dengan Mudah

Selain memudahkan masyarakat dalam perpanjangan STNK, e-Samsat juga memberi informasi lengkap perihal pembayaran pajak kendaraan berbasis online. Dengan begitu, warga tak perlu mendatangi kantor secara langsung melainkan cukup menginput data serta bukti pembayaran.

Bayar Pajak Motor Online

Prosedur Bayar Pajak Kendaraan Online

Nah, jika Anda memilih melakukan pembayaran secara daring baiknya mengikuti prosedur berikut ini.

  • Unduh/download aplikasi Samsat Online Nasional pada Playstore.
  • Pilih “Mulai” dan lanjut “Daftar”.
  • Isi data pada kolom yang tersedia di antaranya NIK, nomor polisi serta lima angka terakhir kendaraan, lalu pilih request kode bayar.
  • Pemohon akan menerima SKKP elektronik serta kode bayar.
  • Pembayaran akan dilakukan melalui bank atau channel pembayaran dengan tambahan biaya administrasi sebesar Rp5.000.
  • Perihal channel pembayaran, e-Samsat telah bekerjasama dengan sejumlah bank hingga e-commerce sebagai media bayar terpercaya. Pada bank yakni BNI, BTN, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, BCA, Permata Bank sementara e-commerce yakni Bukalapak dan Tokopedia.
  • Setelah pembayaran, pemohon akan menerima e-TBPKB melalui email dengan e-pengesahan STNK yang berlaku setidaknya 30 hari.
  • Pemohon selanjutnya akan menerima TBPKB/SKPD beserta stiker pengesahan STNK fisik, yang kemudian akan dikirim ke alamat pemohon sebagaimana tertera di STNK. Proses pengiriman umumnya memakan waktu selama tujuh hari.

Sebagai catatan, jika alamat wajib pajak tidak sesuai dengan STNK maka pemohon bisa mengkonfirmasi melalui call center Samsat setempat. Kendati demikian, sistem ini hanya berlaku untuk perpanjangan STNK tahunan serta keterlambatan pajak tidak lebih dari satu tahun.

Daftar Menu di Aplikasi Samsat Online

Aplikasi Samsat online, selain menyediakan layanan pembayaran juga memiliki beberapa fitur berisi informasi serta petunjuk lengkap, seperti berikut ini:

  • Pendaftaran

Sebagaimana namanya, menu pendaftaran menyajikan sejumlah opsi berupa layanan pendaftaran, SWDKLJJ, pajak PKB, termasuk akses untuk mendapat kode bayar.

  • Info Proses

Berikutnya adalah info proses yang berisi informasi perihal tindak lanjut, serta tahapan yang dijalani. Proses pengajuan permohonan, beserta status proses bisa dilihat dengan mudah dan jelas.

  • Info Pajak

Menu info pajak menyediakan informasi seputar jumlah PKB serta SWDKLLJ pada kendaraan dengan detail.

  • E-TBPKB

E-TBPKP adalah menu yang menunjukkan tanda bukti berupa pelunasan pembayaran dengan elektronik.

  • E-Pengesahan STNK

E-Pengesahan STNK menampilkan pengesahan STNK baik secara virtual maupun elektronik.

  • Pindah Bukti

Menu ini memungkinkan pemindahan e-pengesahan STNK termasuk E-TBPKB melalui satu ponsel ke ponsel yang lain. Pemindahan dilakukan dengan cepat untuk setiap pemindahan dokumen.

  • Pengaduan

Selain layanan pendaftaran serta kebutuhan administrasi lainnya, e-Samsat juga memberi layanan pengaduan perihal Samsat Online Nasional. Masyarakat dimungkinkan memberi saran, kritik serta keluhan kepada pemerintah terkait layanan dsb.

  • Panduan

Untuk setiap layanan, terdapat panduan yang bisa membantu pengunjung dalam mengakses setiap kebutuhan.

Itulah manfaat, cara bayar pajak motor online serta sejumlah menu pendukungnya. Waktu pengurusan pun terbilang sebentar, hanya membutuhkan waktu beberapa hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *