Cara Cek Pajak Motor Jakarta Dengan Mudah

Cara Cek Pajak Motor Jakarta Dengan Mudah

Saat ini, pengecekan pajak kendaraan bermotor sudah semakin mudah. Tak terkecuali dengan cara cek pajak motor Jakarta yang dapat diakses lewat internet. Adanya kemudahan ini, Anda juga bisa mengecek secara langsung via SMS, aplikasi dan website.

Cara Cek Pajak Motor Jakarta Lewat SMS

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengecek pajak kendaraan roda dua adalah lewat SMS. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol *368# pada ponsel Anda.
  • Setelah itu, akan muncul tulisan DITLANTAS POLRI dan dengan opsi 1. Polda Metro Jaya dan 2. Polda Sumut. Karena Anda akan mengecek wilayah DKI Jakarta, Anda dapat memilih nomor 1.
  • Selanjutnya akan ada empat pilihan lagi yang muncul di layar yakni 1. Info atau cek Ranmor, 2. Info Pajak Ranmor, 3. Pajak Reminder, 4. Info Simling, 5. Info Samling, dan 9. Back. Anda cukup pilih nomor 2 saja.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk menginput nomor kendaraan motor. Tunggu sebentar dan, akan ada SMS yang masuk dari Polda Metro Jaya.

Sangat mudah sekali kan? Akan tetapi pengecekan kendaraan roda dua ini tidak hanya bisa diakses lewat pesan singkat atau SMS. Anda bisa mengecek lewat jalur lain yaitu via website. Berikut untuk tata caranya:

  • Buka browser di komputer maupun ponsel Anda lalu ketik alamat situs http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.
  • Dari laman ini, Anda harus memasukkan nomor polisi kendaraan dan NIK terlebih dulu.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi pajak kendaraan sesuai yang Anda ajukan.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa keluar dari situs tersebut.

Selain lewat website, Anda bisa juga melakukan pengecekan pajak lewat aplikasi. Cara yang terakhir ini bisa Anda mulai dari:

  • Buka ponsel pintar Anda lalu cari Google Play Store.
  • Ketik menu PKB di bagian pencarian, kemudian unduh.
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang ada untuk mengecek informasi jumlah pajak beserta tanggal jatuh temponya.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui pajak kendaraan secara gratis. Tanpa harus pergi keluar rumah, Anda bisa melihat dana pajak motor lebih mudah. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan pembiayaan atau dana sesuai yang tertera. Selain itu, jangan lupa untuk membayar tepat waktu agar tidak kena denda ya!

Cara Cek Pajak Motor

Macam-Macam Pajak Kendaraan Bermotor

Sebetulnya, pajak kendaraan bermotor atau PKB dapat diketahui nominal biayanya menggunakan STNK saja. Dimana besar dana tersebut tidak selalu sama karena masing-masing motor punya pajaknya sendiri. Kemudian, untuk pajak kendaraan yang harus dibayar ada dua macam yakni:

  1. Pajak tahunan yakni pajak yang dibayarkan setahun sekali untuk memperpanjang masa pengesahan STNK. Untuk pembayaran pajak STNK ini, Anda harus mempersiapkan KTP dan STNK asli serta uang untuk pembayaran pajak.
  2. Pajak lima tahunan yang merupakan pajak pergantian dari STNK beserta penggantian plat kendaraan. Persyaratan yang harus dilengkapi adalah KTP, STNK dan BPKB asli serta formulir untuk cek fisik kendaraan yang bisa diperoleh di kantor Samsat setempat. Biasanya pajak ini biayanya jauh lebih mahal dibandingkan pajak tahunan.

Demikianlah untuk cara cek pajak motor Jakarta yang dapat Anda pilih. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan dana sesuai yang tertera. Biasanya, pada surat kendaraan bermotor atau STNK sudah tertera nominal pembiayaannya. Tapi, jika Anda ingin memastikan lagi, bisa mengecek sesuai cara yang telah disebutkan. Bisa lewat website, aplikasi maupun SMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *