Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM Dengan Mudah

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM Dengan Mudah

Cara bayar pajak motor lewat ATM – Prosedur pembayaran pajak kendaraan kini memiliki dua alternatif yang disediakan pemerintah, yakni online dan offline. Meski dengan media yang berbeda, persyaratan yang diperlukan pada dasarnya sama.

Namun, pada sistem online hanya berlaku untuk pembayaran tahunan dan tidak untuk 5 tahunan. Hal ini karena terdapat prosedur pengecekan kendaraan yang dilakukan secara langsung kepada pemilik unit kendaraan.

Tidak membayar pajak sama halnya melanggar peraturan lalu lintas, dan berpotensi menerima surat tilang apabila kedapatan. Sebagai salah satu kewajiban utama, memastikan pembayaran pajak tepat pada waktunya juga menghindari denda yang bisa timbul.

Baca Juga: Cara Cek Pajak Motor Jakarta

Status ini akan berkaitan dengan STNK sebagai bukti kepemilikan, yang mana STNK tidak akan dianggap sah jika belum membayar pajak sebagaimana mestinya. Waktu pembayaran pajak sendiri dapat dilihat langsung pada STNK. Perihal cara bayar pajak motor, bisa lewat bank atau e-commerce yang bekerjasama dengan pemerintah.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM

Samsat telah bekerjasama dengan sejumlah bank BUMN hingga swasta sebagai media pembayaran pajak. Jika Anda bingung terkait prosedur pengirimannya, berikut ini instruksi yang bisa diikuti:

  • Pastikan Anda telah memiliki rekening pada bank yang bekerjasama.
  • Masukkan ATM dan PIN seperti biasa.
  • Pilih “Pembayaran” > “PKB/STNK” > “e-Samsat”.
  • Ketik nomor polisi kendaraan Anda dengan teliti.
  • Cek kembali data yang telah dimasukkan.
  • Ketik nominal biaya setelah pengecekan.
  • Pilih “Benar” dan ambil bukti pembayaran.
  • Resi harus disimpan sebagai bukti pembayaran untuk divalidasi kembali.
  • Pengesahan hanya berlaku 3 hari sejak tanggal pembayaran atau pengiriman.

Setelah selesai, Anda bisa memeriksa kembali pada aplikasi mobile dan mendatangi kantor Samsat terdekat untuk mengkonfirmasi.

Bayar Pajak Motor Lewat ATM

Cara Cek Biaya Pajak Motor

Sebelum melakukan pembayaran, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa berapa banyak pajak yang harus dibayarkan. Untuk itu, ada sejumlah alternatif media pengecekan berikut ini:

  • Situs Samsat

Pertama melalui situs resmi Samsat melalui halaman website yang berbeda pada masing-masing provinsi. Anda bisa memeriksanya melalui mesin pencari terkait halaman website berdasarkan daerah.
Pada website tersebut, Anda cukup memasukkan nomor kendaraan yang akan memperlihatkan nominal pajak beserta tanggal jatuh tempo. Sayangnya, website belum tersedia di seluruh provinsi melainkan hanya beberapa di kawasan Jawa, Aceh, Riau, dan Sulawesi Tengah.

  • Melalui SMS

Bagi Anda yang kesulitan mengakses internet sementara kantor Samsat cukup jauh, alternatif SMS patut untuk dicoba. Metode ini bisa digunakan untuk pemeriksaan pajak tahunan dan 5 tahunan dengan mengirim format standar. Namun seperti sebelumnya, fasilitas ini baru tersedia di beberapa wilayah saja.

DKI Jakarta ketik Metro (spasi) [Nomor polisi motor], kirim ke 1717
Jawa Barat ketik: poldajbr (spasi) [Nomor polisi motor], kirim ke 3977
Jawa Timur ketik: JATIM (spasi) [Nomor polisi motor], kirim ke 7070

  • Kantor Samsat

Opsi terakhir adalah mendatangi langsung kantor Samsat sesuai domisili atau yang terdekat. Jika jarak rumah Anda cukup jauh, pastikan membawa nominal uang yang cukup dengan kisaran tertentu. Berikutnya membawa sejumlah dokumen persyaratan seperti KTP, BPKB, STNK serta bukti pajak terakhir asli dan fotokopi.

Seluruh kelengkapan dokumen nantinya akan diperiksa secara substantif untuk diproses dan didata lebih lanjut. Cara bayar pajak motor perlu memastikan seluruh dokumen terpenuhi untuk menghindari pengembalian berkas saat pembayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *